Etika dan Etos Kerja Tenaga Administrasi Bangsa Jepang

Saya memutuskan untuk menghapus tulisan ini, sekalipun judul tetap saya pertahankan. Karena sekalipun isinya adalah rangkuman dari pengalaman sendiri, cerita rekan dosen, dan mahasiswa, tetapi saya pikir barangkali saya telah menuliskan dari sisi yang tidak berimbang. Sehingga staf yang yang memang unggul, etis, tidak melakukan tindakan amoral, tidak ngerumpi sembarangan di kantor merasa tersinggung dengan penyorotan sisi negatif. Saya tidak menyenangi hal-hal yang menimbulkan polemik dari apa yang saya tulis, sekalipun kadang-kadang ini tidak bisa terhindari.

Banyak yang merasa tidak pas jika dibandingkan dengan Jepang, sekalipun sebenarnya kita sama-sama manusia dunia, bahkan seharusnya kita lebih baik karena kita beragama. Tetapi tampaknya agama tidak bisa dijadikan tolok ukur. Apa yang saya ceritakan tentang etika dan etos kerja di Jepang adalah kenyataan yang saya alami, dan saya berusaha mengikutinya karena memahami itu adalah baik. Tetapi tampaknya masih sulit diterima sebagai sebuah bahan pembelajaran.

Judgement yang bernuansa satu sisi dengan melihat kondisi negatif saja dari etika dan etos kerja yang saya temui di lapangan, adalah hal yang manusiawi. Sengaja saya angkat, dan menyodorkan contoh etos kerja Jepang yang lebih maju, semata demi mengambil usroh/pelajaran.

Banyak komentar yang tersaring dalam kotak SPAM blog ini. Saya sudah membacanya dan menerimanya sebagai masukan yang berharga. Terima kasih atas masukannya, dan mohon maaf saya tidak publish untuk menghindari polemik. Sekali lagi, pihak-pihak yang merasa tidak terkena atau tidak melakukan apa yang saya sampaikan dalam tulisan tsb, mohon untuk tidak tersinggung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s