DPR Saling ‘Berantem’ Gara-gara Sidak Kantor Pajak

Jakarta – Menteri Keuangan Agus Martowardojo dan Panja Mafia Pajak Komisi III DPR ‘panas’ akibat aksi sidak Komisi III ke kantor Ditjen Pajak. Ternyata Komisi XI tak senang dengan gerakan Komisi III tersebut.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qasasi menyatakan sidak yang dilakukan oleh Pansus Mafia Pajak Komisi III DPR pada Selasa (13/3/2012) tidak beretika.

“Itulah hebatnya Komisi III, setelah sidak ke Bea Cukai, mereka sidak ke Ditjen Pajak, tidak tertutup kemungkinan mereka suatu saat akan sidak ke BPK, BPKP, BPS, LKPP, Depkeu, atau mungkin BI. Kita sih tidak melarang, tapi ada etika yang lebih elegan,” tegas Achsanul kepada detikFinance, Kamis (15/3/2012).

Pernyataan Achsanul ini keluar karena dia merasa selama ini Komisi XI telah melakukan sejumlah aksi untuk mengawasi kinerja Ditjen Pajak yang merupakan kewenangan Komisi XI untuk mengawasinya.

“Alangkah indahnya jika mereka (Komisi III) kordinasi dulu dengan kami agar tidak tumpang tindih. Komisi III memang luar biasa, sehingga selalu bertindak di luar kebiasaan. Sesama anggota DPR yang memiliki tugas dan fungsi yang sama, tentunya mereka pasti tahu bahasa batin teman-teman Komisi XI,” tukas Achsanul.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebelumnya protes terhadap sidak tersebut karena tidak ada koordinasi, dan dikhawatirkan mengganggu suasanya kerja di Ditjen Pajak.

Menanggapi ini, Wakil Ketua Komisi III Nasir Djamil mengatakan, protes Agus Marto tidak mewakili kelembagaan, tapi hanya individu yang tidak tahu masalah.

Dikatakan Nasir, sidak tersebut tidak perlu izin dan hanya cukup melalui pemberitahuan saja ke Dirjen Pajak Fuad Rahmany.

“Nanti Komisi III akan panggil Menkeu untuk menegur Menkeu. Dalam minggu ini juga kita akan panggil Menkeu untuk klarifikasi pernyataannya,” kata Nasir.

Seperti diketahui Komisi III DPR sambangi Kantor Pusat Ditjen Pajak. Komisi III DPR RI ini didampingi Bareskrim dan PPATK.

Sekitar pukul 10.30 WIB Selasa lalu, beberapa anggota Komisi III DPR-RI, seperti Edi Satri, Prof Martin Hutabarat, Edi Ramli Sitanggal, Bahrudin Nasori, Kurdi Mukri, Catur Sapto Edi dan Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin tiba di Kantor Pusat Pajak diiringi kawalan dari Kepoilisian.

Menurut Catur, kedatangan Komisi III ini guna meminta penjelasan terkait kasus-kasus rekening gendut pegawai pajak yang kembali terulang setelah kasus Gayus yang besar di media massa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s