Freeport Tawarkan 9,36% Saham ke Pemda Papua

Jakarta – PT Freeport Indonesia berniat menawarkan 9,36% kepemilikan sahamnya kepada pemerintah daerah Papua. Rencana ini sejalan dengan divestasi 20% sahamnya sesuai kesepakatan dalam Kontrak Karya (KK).

“Kami sudah tawarkan 9,36% ke pemda, tapi masih dalam pembicaraan,” kata Presiden Direktur Freeport Rozik B. Soetjipto dalam kunjungannya ke kantor detikcom akhir pekan lalu.

Sebanyak 9,36% yang ditawarkan tersebut merupakan kepemilikan saham PT Indocopper Investama, anak usaha Freeport McMoRan Copper & Gold, perusahaan tambang asal AS.

Saat ini, dengan kepemilikan melalui anak usahanya tersebut, Freeport McMoRan memegang 90,64% kepemilikan saham di Freeport Indonesia. Sementara sisanya, 9,36% dikuasai pemerintah Republik Indonesia.

Rencana divestasi ini dilakukan bukan karena adanya Peraturan Pemerintah (PP) baru yang baru saja dikeluarkan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pekan lalu. Namun, divestasi dilakukan sesuai dengan kesepakatan dalam KK.

“Dalam KK sebelum adanya PP baru ini kita diminta divestasi 20%, jadi kalau memang ada perbedaan lagi harus dibicarakan dulu dengan pemerintah,” katanya.

Menurutnya, pemda setempat juga belum memberikan respons terhadap tawaran tersebut. Namun, Freeport menyatakan tidak keberatan jika nantinya saham tersebut akhirnya diambil oleh pemerintah pusat.

Seperti diketahui, PP baru dengan nomor 24 tahun 2012 yang merupakan revisi dari PP No.23 tahun 2010, mengharuskan investor asing mendivestasikan kepemilikannya di perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia sehingga hanya tersisa 49% dari jumlah total sebelumnya.

Sebanyak 51% sahamnya wajib dimiliki peserta Indonesia maksimal pada tahun kesepuluh beroperasi. Periodenya adalah divestasi 20% pada tahun keenam, 30% tahun ketujuh, 37% tahun kedelapan, 44% tahun kesembilan, dan 51% tahun kesepuluh.

Peserta Indonesia yang dimaksud antara lain, pemerintah pusat, provinsi, daerah kabupaten/kota, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), atau swasta nasional.

(ang/dnl)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s