Mentan: Beras Lagi Murah, Saatnya Bulog Serap Sebanyak-Banyaknya.

Jakarta – Menteri Pertanian Suswono meminta kepada Bulog untuk segera menyerap beras hasil panen petani. Harga beras sedang turun di bawah Harga Pembelian Pokok (HPP) akibat panen raya.

“Ini saatnya bagi Bulog serap sebanyak-banyaknya beras petani, tidak ada alasan lagi, karena saat ini petani sedang penen raya,” kata Suswono, di kantornya, bilangan HR Harsono, Senin (19/3/2012).

Menurut Suswono, selain stok yang banyak akibat panen raya, harga beras dan gabah di petani saat ini sedang turun, bahkan di bawah harga HPP yang ditetapkan pemerintah.

“Harga beras saat ini dibawah HPP, jadi tidak ada alasan lagi buat Bulog untuk tidak membeli sebanyak-banyaknya beras sebagai cadangan pangan,” kata suswono.

Dikatakannya, panen raya saat ini cukup besar, mampu menopang seluruh panen yakni mencapai 60%.

“Panen mulai dari Oktober-Maret ini merupakan panen raya paling besar hampir 60% dari total panen petani,” tegas Suswono.

Bahkan menurut Suswono, tidak hanya gabah dan beras saja, saat ini-pun untuk harga jagung juga anjlok akibat panen raya.

“Harga Jagung juga sedang anjlok karena stok banyak, harapan kami ini peluang bagi industri pakan ternak untuk menyerap jagung petani dari pada melakukan impor,” tandasnya.

(rrd/hen)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s