Tarif Kereta Cepat Bandung-Jakarta Rp 200.000, Siapa Hendak Turut?

ideal dan menjadi solusi transportasi umum di Indonesia. Namun, saat partisipasi swasta sangat dominan tarif kereta cepat pun menjadi tinggi Rp 200.000 per perjalanan Jakarta-Bandung. Berminat?

Pertanyaan ini datang dari Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ignasius Jonan. Dengan tarif Rp 200.000 pengguna kereta cepat dijanjikan waktu tempuh singkat, sekitar 45-50 menit.

“Dengan kereta cepat ini asumsi penumpang ada 20.000 orang per hari, tarifnya Rp 200.000. Itu dari Cengkareng sampai Bandung. Mau bayar enggak?” kata Jonan di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (19/3/2012).

Angka ini didapat saat partisipasi pemerintah sangat minim pada proyek kereta cepat. Maka, ia mengusulkan meski proyek ini menggunakan skema kerja sama public private partnership (PPP), tetap pemerintah harus dominan.

“Kalau enggak gitu, larinya ke harga tiket. Untuk menurunkan tarif, maka 90% harus negara. Pengembalian investasinya enggak masuk (jika tarif lebih murah). Kalau mau setara, coba perusahaan bisa itu juga suruh bangun jalan. Kan sama saja,” paparnya.

Jonan pun siap mendukung proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang digagas pemerintah Indonesia melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Partisipasi KAI yang disiapkan adalah pengadaan gerbong (rolling stock), perawatan hingga operasional dengan nilai maksimal Rp 5 triliun.

“Kita siap mendukung untuk investasi paling maksimal Rp 5 triliun. Enggak bisa semuanya. Enggak sanggup dan enggak bisa,” tegas Jonan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s