Ada Bom, Menlu Prancis Kirim Pesan Solidaritas ke KBRI


Paris Prancis berjanji membawa pelaku peledakan bom di luar kantor KBRI Paris ke pengadilan. Menlu Prancis Alain Juppe juga telah mengirimkan pesan solidaritas kepada KBRI.

“Setiap usaha akan dilakukan untuk menemukan pelaku dan membawanya ke pengadilan. Menlu juga telah mengirimkan kepada KBRI di Paris sebuah pesan solidaritas, kewaspadaan dan mobilisasi semua layanan negara. Kami melakukan kontak yang erat di Jakarta dengan otoritas di Indonesia dan di Paris dengan Dubes Indonesia,” ujar Jubir Kemlu,Bernard Valero, kepada dalam press briefing sebagaimana dilansir capital.fr, Rabu (21/3/2012).

Hingga kini polisi belum menemukan titik terang siapa penaruh bom itu. “Usaha serangan itu tidak diragukan lagi, tapi tidak ada yang mengklaim (bertanggung jawab) untuk saat ini, ” kata satu sumber kepolisian.

“Kami tahu terdapat bahan peledak yang banyak namun kami belum tahu dari jenis apa,” imbuh sumber.

Seorang warga yang tinggal di seberang kantor KBRI, Jone Nunes, mengaku terbangun akibat ledakan bom itu pagi buta tadi. “Saya mendengar ledakan, jendela-jendela pecah. Kami melihat ke luar dan itu benar-benar bom,” katanya. Bom itu tak terlalu besar bila dibandingkan bom yang meledak di depan KBRI pada tahun 2004 lalu.

“Ledakan tersebut lebih ringan dibandingkan yang lampau (tahun 2004) yang meninggalkan lubang yang besar,” paparnya.

Penyelidik mencoba menggali gambar-gambar dari video pengawasan kantor KBRI untuk mengindentifikasi pelaku bom. Upaya keamanan juga digencarkan di sekitar gedung tersebut. “Petugas keamanan mencari di setiap tempat, mereka khawatir ada paket kedua,” kata Nunes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s