Serangan Israel Tewaskan 105 Warga Palestina Selama 2011


Tel Aviv, Jumlah warga Palestina yang tewas di tangan militer Israel meningkat pesat sepanjang tahun 2011 lalu. Dilaporkan terdapat total 105 orang tewas akibat serangan-serangan militer Israel.

Sebagian besar warga Palestina tersebut tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza. Sedangkan sebagian lagi tewas dalam serangan Israel di Tepi Barat dan wilayah al-Quds atau Yerusalem bagian timur.

“Gambarannya kejam, bukan karena peristiwa-peristiwa dramatis atau situasi memburuk yang tiba-tiba, tapi tepatnya karena rutinitas,” demikian disampaikan kelompok HAM, B’Tselem dalam laporannya seperti dilansir PressTV, Rabu (21/3/2012).

Menurut B’Tselem, sama sekali tidak ada perubahan yang menuju ke arah baik dalam konflik Israel dan Palestina selama ini. “Tahun ini, kita memasuki tahun ke-45 Israel menduduki Tepi Barat dan Jalur Gaza. Hal yang seharusnya hanya berlangsung sementara, justru terus berkembang tanpa adanya perubahan,” imbuhnya

Sejak tahun 1967, Israel menduduki wilayah Tepi Barat, Dataran Tinggi Golan, al-Quds bagian timur, dan Jalur Gaza. Pedudukan ini memicu pertempuran sengit antara kedua negara. B’Tselem menyebut bahwa pendudukan Israel yang tak kunjung berakhir tersebut semakin menambah panjang daftar pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Israel sendiri.

“Pelanggaran HAM melekat dalam pendudukan militer, dan pendudukan Israel yang berlarut-larut hanya memperparah pelanggaran HAM yang terjadi,” jelas organisasi tersebut.

Laporan B’Tselem pada tahun 2010 menunjukkan bahwa total ada 68 warga Palestina yang tewas di tangan militer Israel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s