Ada Racun di Pasta Gigi, Kanada akan Larang Pemakaian Triclosan

Jakarta, Triclosan adalah bahan kimia pembunuh kuman yang selalu ada dalam komposisi pasta gigi dan peralatan sekolah anak-anak mungkin akan segera dilarang di Kanada.

Berbagai cara untuk membatasi penggunaannya, termasuk larangan untuk menambahkannya pada produk perawatan pribadi yang dijual di Kanada pun dilakukan.

Di Amerika Serikat, meski studi tentang bahan kimia antimikroba telah mendorong FDA (Food and Drug Administration) untuk mengakui adanya dampak negatif triclosan terhadap kesehatan manusia, tapi bahan ini masih diperbolehkan menjadi bahan sabun, alat kecantikan, deodoran, pasta gigi dan berbagai produk perawatan diri lainnya. Ini belum termasuk produk seperti peralatan sekolah, pakaian dalam, sandal serta peralatan dapur.

Berbeda dengan Amerika Serikat, Kanada telah mengambil inisiatif yang kuat untuk mengidentifikasi 200 bahan kimia berbahaya serta menguji dampaknya pada manusia dan kesehatan lingkungan selama 5 tahun. Kesuksesan awalnya adalah pelarangan penggunaan bisfenol A –salah satu bahan kimia yang bisa mengganggu hormon– dalam botol susu bayi.

Penelitian terbaru tentang efek triclosan terhadap kesehatan menemukan bahwa bahan ini mengubah proses hormon dan bertindak sebagai racun tiroid. Beberapa data lain juga menemukan bahan ini bisa menyebabkan peningkatan resistensi terhadap antibiotik. Bahkan penelitian terbaru lainnya mengaitkan triclosan dengan alergi.

Produk-produk yang mengandung triclosan biasanya diiklankan dengan slogan ‘bebas kuman’, ‘melawan kuman’, ‘bebas bau’, ‘melawan bau’ atau antimikroba, meskipun faktanya sabun dan air biasa memiliki efektivitas yang sama dengan sabun antibakteri.

Lakukan langkah-langkah mudah ini untuk melindungi diri dari triclosan, seperti dilansir dari Rodale, Minggu (1/4/2012):

1. Daripada memakai sabun antibakteri, pilih sabun yang tidak mengandung racun. Selain tidak baik bagi kesehatan, sabun antibakteri juga merusak kualitas air.

2. Jauhi produk-produk yang diiklankan dengan embel-embel antimikroba atau membuat klaim tentang antikuman atau antibau. Bahkan produk-produk yang telah diberi Microban pun juga bisa mengandung triclosan.

3. Hindari senyawa sejenis triclosan seperti sabun batangan yang mengandung triclocarban. Jika membutuhkan pembunuh kuman dan tidak memiliki akses untuk air dan sabun biasa, carilah pembersih tangan yang mengandung alkohol 70 persen. Hindari pengharum buatan dalam pembersih tangan itu ju
(ir/ir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s