Membeli Peralatan Diving, Ingat 5 Hal Ini


Selain lisensi, peralatan adalah hal terpenting saat melakukan diving. Wajib hukumnya bagi para diver untuk merasa nyaman dan aman ketika siap terjun ke dalam air. Berikut 5 tips saat membeli peralatan diving.

SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) Diving adalah cara olahraga menyelam yang paling populer saat ini. Olahraga menyelam ini menggunakan bantuan tabung oksigen dan beberapa alat lain yang menyokong pergerakan Anda di bawah air. Oleh karena itu, tak boleh asal-asalan dalam memilih peralatan diving. Hal ini dikemukakan oleh Joseph Ganish, salah satu anggota komunitas Liquid Dive yang juga menjual aneka peratan diving.

“Semua alat diving harus fit and comfort. Itu peraturan pertama dan yang terpenting,” kata Joseph kepada detikTravel saat ditemui di pameran Deep & Extreme Indonesia 2012, bertempat di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (1/4/2012).

Berikut 5 hal yang patut Anda ketahui saat membeli peralatan diving, hasil wawancara Joseph Ganish dengan detikTravel di hari terakhir pameran Deep & Extreme Indonesia 2012.

1. Ketahui alat-alat basic yang perlu Anda miliki. Peralatan tersebut adalah wetsuit, masker, fin, bootish/sepatu, BCD (Bouyancy Compensator), regulator, tabung udara, dan pemberat.

2. Tes alat satu per satu, dimulai dari masker. Caranya, pakailah masker tanpa diikat/ dikencangkan karetnya. Semua rambut tak boleh ada yang terjepit atau masuk ke area masker.

Pastikan masker Anda menempel pas di muka, terutama bagian sekitar mata dan hidung. Setelah itu, coba hirup udara dari hidung, tahan sebentar, dan tundukkan kepala Anda. Masker yang bagus tidak akan lepas dari wajah.

Setelah itu, masih dalam kondisi kepala tertunduk, cobalah goyang-goyangkan kepala Anda ke kiri dan kanan. Jika masih menempel, berarti itu adalah masker yang tepat. Tinggal sesuaikan ukuran kepala Anda dengan menarik/ mengencangkan karetnya.

3. Belilah wetsuit sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Ketika mencoba wetsuit, bukalah pakaian luar Anda. Wetsuit harus pas ukurannya dengan tubuh. Bahannya harus stretch, sehingga nyaman digunakan untuk bergerak.

4. Pilih bootish sesuai dengan ukuran kaki Anda. Setelah bootish terasa nyaman untuk kaki Anda bergerak, baru coba fin yang mengikuti ukuran bootish.

5. Pilihlah ukuran BCD yang sesuai dengan ukuran t-shirt Anda pada umumnya, misalnya M atau L. Hal ini penting agar Anda bisa nyaman bergerak di dalam air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s