01 . John Wayne Gacy


Julukan : The Killer Clown, Pogo the Clown, The Clown Killer
Lahir : March 17, 1942(1942-03-17) Chicago, Illinois
Mati : May 10, 1994 (umur 52)
Sebab Kematian : Suntik mati
Vonis : Mati
Jumlah korban : 33
Lama Membunuh : 1972 – 1978
Negara : AS
Kota : Illinois
Bulan Penangkapan : Desember 1978

John Wayne Gacy terkenal dalam sejarah pembunuhan berantai di Amerika Serikat. Pria yang dijuluki Clown Killer ini telah membunuh 33 anak laki-laki yang sebagian besar ia kubur di bawah rumahnya. Sebelumnya tidak ada yang menyangka, pria asal Chicago yang ramah dan sering berdandan ala badut dalam pesta anak-anak ini ternyata seorang monster. Sampai akhir hayatnya Gacy tidak menyesali perbuatannya. Kiss my ass.. adalah ancaman terakhir yang terlontar dari mulutnya sesaat setelah eksekusi pada 10 Mei 1994.

Dia didakwa atas pemerkosaan dan pembunuhan atas 33 bocah laki2 dan pria remaja antara tahun 1972 dan ditahan tahun 1978,27 Mayat ditemukan dikubur di basement rumahnya.sedangkan yang lainnya ditemukan di dekat sungai.dia dijulukuki Clown Killer karena dia seringkali diundang ke berbagai pesta di lungkungan sekitar untuk menghibur anak2,dengan pakaian dan riasan seperti Badut dan menggunakan nama Pogo The Clown,dia tercatat dalam Guinness Book of World Record sebagai pembunuh berantai yang dikenakan pasal paling banyak.

Kehidupan Awal
Lahir di Edgewater Hospital, Chicago, Illinois, dia tumbuh dilingkungan Katolik di pinggiran kota Chicago.Dia selalu Bertengkar dengan Ayahnya,john Wayne Gay Sr (Illinois, June 20, 1900-December 25, 1969), dia seringkali mendapatkan kekerasan fisik karena alkohol yang kerap dikonsumsi ayanya,Ayahnya juga memanggilnya dengan nama sissy,dia cenderung lebih dekat dengan Ibunya, Marion Elaibe Robinson (Racine, Wisconsin, May 4, 1908 – Cabot, Arkansas, December 1989).

Setelah lulus SMA, Gacy bekerja serabuan di Las Vegas sebelum kembali ke Illinois. Ia lalu memulai bisnis yang membuatnya sukses,yaitu sebagai Sales sepatu di Springfield,Illinois. gacy menikah di tahun 1964,tahun yang sama dimana dia pertama kali mengenal hal yang disebut homosexual.bertahun2 kemudian,Gacy menolak tuduhan bahwa dia seorang homo,yang pada kenyataannya dia adalah seorang bisexual.

Dia pindah ke Waterloo, Iowa,dmn ia menjadi Manager restaurant KFC,milik keluarga Istrinya, Gacy mulai pisah ranjang dengan istrinya setelah didakwa atas pelecehan seks terhadap anak2 pada desember 1968 dan dipenjara, dibebaskan tahun 1970 setelah 18 bulan. Ayah Gacy meninggal ketika dia dipenjaratepatnya pada hari natal 1969 akibat penyakit Liver.Setelah bebas,dia kembali ke illinois Dia berhasil menyimpan rapi catatan kejahatannya sampai polisi memulai penyelidikan atas pembunuhan terkhirnya. Tahun 1971, Dia membeli sebuah rumah di 8213 West Summerdale Avenue,Dia menjadi seorang penghibur acara2 pesta dan cleaning servis pada acara2 pesta.

Istrinya menceraikanya pada bulan Maret 1976,pembunuhan beruntun pun dimulai pada bulan2 tersebut, Darrell Sampson menghilang pada 6 april 1976, pada tahun 1977, David Daniel ditawari tumpangan ketika menunggu kendaraan di terminal bus,tetapi Daniel menolak, kecurigaannya makin bertambah ketika Gacy menawarinya untuk ke 7 kalinya, selain menawarkan tumpangan,Gacy juga menari Mariuana agar daniel ikut bersamanya.,, Daniel adalah salah satu korban selamat yang diketahui selain Jeffrey Ringall.

Sebenarnya,tak ada kecurigaan mendalam terhadap Gacy sampai tanggal 12 desember 1978, sampai suatu ketika dia diselidiki atas hilangnya Robert Piest (15 tahun),yang terakhir kali terlihat bersama Gacy, dari penggeledahan di rumahnya yang terletak di pinggiran sungai Des Plains,akhirnya ditemukan beberapa benda-benda milik para korban yang hilang.

Tanggal 22 desember 1978, Gacy mengaku pada pengacaranya atas 33 pembunuhan yang dilakukannya dan menunjukan 31 lokasi tempat korban dikubur, mereka dikubur dibawah rumahnya, dua diantaranya dilempar di sungai Des Plaines.

Cara Membunuh
Gacy biasanya menyumpal mulut korbannya dengan kain agar tidak berteriak,.. setelah disodomi, mereka dicekik dengan tali,.. anehnya lagi,sebelum dikubur, mayat-mayat tersebut disimpan untuk menemaninya selama belum membusuk,Korban termudanya bernama Samuel Stapleton dan Michael Marino,keduanya berumr 14 tahun…, yang tertua bernama Russell Nelson dan James Mazzara, keduanya berumur 21 tahun, 9 korban lainnya tidak bisa lagi dikenali,.. tubuh mereka belum ditemukan dari bulan desember 1978 – April 1979, Korban terakhir ditemukan didasar sungai Des Plaines.

PARA KORBAN THE CLOWN KILLER

-Nama Tim McCoy (the “Greyhound Bus Boy”),
umur ?? tahun.
dibunuh 2 Januari 1972
Tubuhnya di temukan di ruang bawah tanah

-Nama John Butkovich,
UMUR 16 – 17 tahun
MENGHILANG 31 July 1976
Dia bekerja membetulkan atap rumah Gacy,Tubuhnya dikubur di Garasi

-Nama Darrell Sampson,
UMUR 18 tahun
MENGHILANG 6 April 1976
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Randall Reffett,
UMUR 15 tahun
MENGHILANG 14 Mei 1976
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Samuel Stapleton
Umur 14 tahun
MENGHILANG 14 Mei 1976
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Michael Bonnin
Umur 17 Tahun
Menghilang 3 Juni 1976
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama William “Billy” Carroll
Umur 16 Tahun
Menghilang 10 juni 1976
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Rick Johnston
Umur 17 – 18 tahun
Menghilang 12 Desember 1976
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Gregory Godzik
Umur 17 Tahun
Menghilang 12 Desemnber 1976
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama John Szyc
Umur 19 tahun
Menghilang 20 Januari 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Jon Prestige
Umur 20 tahun
Menghilang 15 Maret 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Matthew Bowman (atau Ronan),
Umur 19 tahun
Menghilang 5 Juli 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Robert Gilroy
Umur 18 – 21 tahun
Menghilang 15 September 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama John Mowery
Umur 19 tahun
Menghilang 25 September 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Russell Nelson
Umur 20-21 tahun
Menghilang 17 Oktober 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Robert Winch
Umur 16 tahun
Menghilang 17 Oktober 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Tommy Baling
Umur 20 Tahun
Menghilang 18 November 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama David Talsma
Umur 19 Tahun
Menghilang 9 Desember 1977
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama William Kindred
Umur ?? Tahun
Menghilang 16 Februari 1978
tubuhnya ditemukan di ruang bawah tanah.

-Nama Tim O’Rourke
Umur ?? Tahun
Menghilang Pertengahan Juni 1978
tubuhnya ditemukan di sungai Des Plaines

-Nama Frank Wayne “Dale” Landingin
Umur 19 Tahun
Menghilang 3 – 4 November 1978
tubuhnya ditemukan di sungai Des Plaines, Petugas menemukan SIM miliknya di rumah Gacy

-Nama James Mazzara
Umur 20 -21 Tahun
Menghilang 13 November 1978
tubuhnya ditemukan di sungai Des Plaines

-Nama Robert Piest
Umur 15 Tahun
Menghilang 11 Desember 1978
tubuhnya ditemukan di sungai Des Plaines

Yang berhasil kabur

– Jeff Rignall
– Robert Donnelly

PROSES PERADILAN DAN EKSEKUSI

Tanggal 6 Februari 1980, proses peradilan terhadap Gacy dimulai di Chicago,. selama proses peradilan, Ia menyatakan bahwa ia tidak bersalah atas alasan gangguan kejiwaan, Pembelaan ini ditolak, karena dia terbukti sadar sebelum dan sesudah membawa dan menguburkan korbannya.

Dia divonis mati pada tanggal 13 maret 1978
Tanggal 10 mei 1994,. Gacy di eksekusi di Stateville Correctional Center di Crest Hill, Illinois,dengan cara disuntik mati,. makanan yang dipesan sebelum eksekusi adalah:
– Udang yang digoreng kering
– 1 Bucket original recipe chicken dari KFC,
– sekilo struberi segar
– kentang goreng

Proses eksekusi bersifat tertutup,.. orang-orang berkerumun menunggu proses eksekusi diluar gedung,dengan memanfaatkan kondisi tersebut,pihak penngelola gedung menjual T-shirt dan pernak pernik lain yang bertemakan Gacy. Orang2 yang berkerumun bersorak sorai ketika pengumuman kematian gacy di suarakan.
Menurut laporan,Gacy tidak menyesali perbuatannya. Kata-Kata terakhir yang diucapkannya kepada penjaga sebelum memasuki kamar eksekusi adalah kiss my ass.

Setelah Eksekusi,.Otak Gacy di ambil oleh Dr. Helen Morrison, (dokter yang mewawancarai Gacy dan para pembunuh berantai lainnya) untuk diperiksa,. hasil pemeriksaan,menunjukan tidak ada tanda2 ABNORMALITY pada diri Gacy

Selama 14 tahun didalam penjara,hobinya adalah melukis,objek favoritnya adalah wajah badut, dia mengatakan bahwa Alter Egonya adalah sosok badut,lukisan2 karyanya antara lain berjudul “Snow White and the Seven Dwarfs”,wajah pembunuh berantai sebelumnya yaitu Jeffrey Dahmer dan Ed Gein.

Lukisan2 tersebut dijual setelah Gacy dieksekusi,Steve Koschal salah seorang Fans Gacy yang sering menyurati Gacy selama dipenjara membeli 200 buah,19 buah diantarnya dijual kembali dengan harga $195,khusus untuk lukisan burung dengan Acrilic dijual seharga $9500, lukisan lainnya dibeli oleh keluarga korban dan masyarakat umum untuk dihancurkan dan dibakar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s